Sabtu, 14 Juli 2012

Sekar Jepun: Maskot Kabupaten Badung



My Blog - Apakah kalian tahu bunga kemboja? Kemboja atau semboja merupakan sekelompok tumbuhan
dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai. Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib.
Selain itu, bunga kemboja juga menjadi maskot salah satu kabupaten di Bali, yaitu Kabupaten Badung.

Kabupaten Badung adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Bali, Indonesia. Daerah ini yang juga meliputi Kuta dan Nusa Dua adalah sebuah obyek wisata yang terkenal. Ibu kotanya berada di Mangupura, dahulu berada di Denpasar[3]. Pada tahun 1999 terjadi kerusuhan besar di mana Kantor Bupati Badung di Denpasar dibakar sampai rata dengan tanah.
Kabupaten Badung saat ini dipimpin oleh seorang Bupati yang saat ini dijabat oleh Anak Agung Gde Agung yang berasal dari daerah Mengwi, dan sebagai Wakil Bupati yaitu I Ketut Sudikerta.
Kabupaten Badung berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, Kabupaten Tabanan di barat dan Kabupaten Bangli, Gianyar serta kota Denpasar di sebelah timur.


 Lambang Kabupaten Badung


Wilayah Kabupaten Badung

Selain menjadikannya maskot, kabupaten yang ada di selatan Pulau Bali ini juga membuat lagu dan tariannya. Berikut videonya:


Dan berikut foto-fotonya: