Loading...

Minggu, 04 November 2012

Daerah Yang Ingin Memisahkan Diri dari Indonesia

My Blog - Indonesia adalah negeri yang kaya. Tak terhitung banyaknya Sumber Daya Alam yang ada disini. Namun ketidakmerataan kekayaan dan penindasan suatu ras membuat ada beberapa daerah yang ingin keluar dari NKRI, seperti berikut:

1. Aceh


Bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM)



Aceh merupakan provinsi terbarat dari Indonesia. Provinsi ini beribukota Banda Aceh dan sering disebut "Serambi Mekkah". Namun, sejak tahun 1976, Aceh menghendaki keluar dari Indonesia. Gerakan ini juga dikenal dengan nama Aceh Sumatra National Liberation Front (ASNLF). GAM dipimpin oleh Hasan di Tiro selama hampir tiga dekade bermukim di Swedia dan berkewarganegaraan Swedia.lahir di desa Tiro, kabupaten Pidie, Aceh, 25 September 1925 – meninggal di Banda Aceh, 3 Juni 2010 pada umur 84 tahun. Sehari sebelum meninggal dia memperoleh status WNI oleh pemerintah Indonesia.

2. Papua


 Bendera Organisasi Papua Merdeka (OPM)

Jika tadi kita ke ujung barat Indonesia, kini kita beralih ke ujung timur Indonesia, yaitu Papua. Pulau Papua atau Guinea Baru (Bahasa Inggris: New Guinea) atau yang dulu disebut dengan Pulau Irian adalah pulau terbesar kedua (setelah Tanah Hijau) di dunia yang terletak di sebelah utara Australia. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung rajawali ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m). Namun, muncul Organisasi Papua merdeka (OPM) yang menghendaki Papua keluar dari NKRI. OPM ditengarai sering melakukan aksi kekerasan dan melakukan penyerangan bersenjata terhadap warga sipil termasuk TNI dan Polri di berbagai wilayah Papua untuk menciptakan ketidakstabilan. Pemerintah menurunkan TNI dan Polri untuk melakukan penumpasan terhadap gerombolan OPM yang sudah sangat meresahkan warga.

3. Sulawesi


 Bendera Sulawesi Merdeka

Sulawesi (atau sebutan lama dalam bahasa Inggris: Celebes) adalah sebuah pulau dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 sedunia. Namun, Pulau ini sempat ingin mengeluarkan diri dari NKRI, walaupun kini tidak terdengar lagi.

4. Maluku


Bendera Republik Maluku Selatan (RMS)


Bendera Republik Maluku Selatan (RMS) 2011

Maluku atau yang dikenal secara internasional sebagai Moluccas adalah salah satu provinsi tertua di Indonesia. Ibukotanya adalah Ambon. Pada tahun 1999, sebagian wilayah Provinsi Maluku dimekarkan menjadi Provinsi Maluku Utara, dengan ibukota di Sofifi. Provinsi Maluku terdiri atas gugusan kepulauan yang dikenal dengan Kepulauan Maluku.Pada tahun 1950, muncul gerakan Republik Maluku Selatan. Daerah ini sebenarnya sudah memerdekakan diri pada tahun 1950 dan telah mempunyai lambang, bendera dan lagu kebangsaan sendiri.


 Lambang RMS


Naskah Proklamasi RMS

Lagu Kebangsaan : Maluku Tanah Airku

Maluku Tanah Airku
Tanah tumpah darahku
Ku berbakti kepadamu
Selama hari hidupku
Engkaulah Pusaka Raja
Jang leluhur dan teguh
Aku djundjung selamanja
Hingga sampai adjalku
Aku ingat terlebih
Sedjarahmu jang pedih
Maluku Tanah Airku
Tanah datuk datukku
Atas Via Dolorosa
Engkau hidup merdeka
Putra putri jang se djati
Tumpah darah bagimu
Ku bersumpah trus berbakti
Serta tanggung nasibmu
Aku lindung terlebih
Sedjarahmu jang pedih
Mena Muria printah leluhur
Segnap djiwaku seru
Bersegralah membelamu
Sepri laskar jang djudjur
Dengan prisai dan imanku
Bahkan harap jang teguh
Ku berkurban dan berasa
Karna dikau ibuku
Ku doakan terlebih
Mena Muria hiduplah

RMS juga telah memiliki website, yaitu republikmalukuselatan.nl

5. Riau


Bendera Riau Merdeka

Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini termasuk salah satu provinsi makmur di Indonesia, dengan gross regional product per kapita sebesar USD 7.886 (2008). Riau pernah ingin melepaskan diri dari NKRI, namun kini tak pernah terdengar lagi.

6. Bali


Bendera Gerakan Bali Merdeka (GBM)

Yang terakhir adalah Bali. Bali adalah nama salah satu provinsi di Indonesia dan juga merupakan nama pulau terbesar yang menjadi bagian dari provinsi tersebut. Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan dan Pulau Serangan. Seruan Bali untuk melepaskan diri dari NKRI sebenarnya sudah terjadi pada zaman Soeharto, namun baru sekarang mencuat kembali karena terjadi bentrok di Lampung antara Kampung Balinuraga dan Masyarakat Lampung Asli. Rakyat Bali sangat marah dengan kejadian tersebut karena merasa kaum minoritas (Hindu) tidak diperhatikan di Indonesia.

"Hindu Bali menghargai Ke- Bhinekaan nusantara, namun bila negara ini telah teracuni bangsa Arab yang ingin mengislamkan negara kita, saatnya Hindu Senusantara mengembalikan kejayaan Majapahit dan Hindu di Tanah Nusantara ini".


Reaksi:

5 komentar:

  1. cba semua provinsi yg ingin lepas buat negara baru, pasti bakalan kacau

    BalasHapus
  2. yahh gak akan pencarlah kalo semuanya mau bikin negara baru...

    BalasHapus
  3. saya Dari Riau....Bendera Riau merdeka bukannya warnanya Merah Kuning Hijau???

    oh yaa ada lagi daerah yg minta merdeka yaitu: Tapanuli Merdeka (SUMUT merdeka)

    http://www.topix.com/forum/world/indonesia/TAAN0LPFGEE40C6VS

    BalasHapus
  4. itulahh bodohnya orang indonesia gampang di hasut

    BalasHapus
  5. Terlalu gampang terprovokasi oleh bangsa luar,padahal mereka ingin menusuk dari belakang

    BalasHapus

Silahkan komentar disini